jump to navigation

Upgrade Performa New Jupiter MX dengan biaya minimum 11 Oktober 2012

Posted by trishinu in Busi NGK G-Power, Gear Belakang 36, Koil Kharisma, New Jupiter MX, Performa, Yamaha.
trackback

Alhamdulillah mas bro…walau jadwal ane lumayan padat…pergi kuliah pagi pulang maghrib…insya allah ada waktu buat share artikel terbaru…

yups…kali ini ane mau brbagi cara upgrade performa New Jupiter MX dengan biaya minimum…emang bisa ya?? kan biasanya klw mau upgrade biayanya gede…klw menurut ane bisalah mas bro…apasih yg enggak bisa di dunia ini zaman sekarang….ya kan…

nah, yg perlu d upgrade kali ini adalah sisi pengapian mas bro…klw mas bro mau buat NJMX-nya pengapiannya lebih bagus dri standar bisa ikuti saran ane…

yg pertama, bisa aplikasikan Koil atau klw d Daerah Medan namanya Dasi Klos mas bro…nah, bisa pakai punya Koil Honda Kharisma…dengan kode part 30500-KPH-900 harganya Rp 65.000 (Harga website resmi Honda)

Koil Honda Kharisma

Koil Honda Kharisma

nah, pemasangannya PNP gak?? untuk pemasangan jelas gak PNP mas bro…tpi tenang, mekanik biasanya ngerti kok…Koil Honda Kharisma sendiri itu besar dripada Koil New Jupiter MX…jdi dudukan baut yg bisa terpasang hanya 1…jdi mur n baut pemasangannya harus kencang…ditambah kabel penghubung antara Koil Kharisma n bawaan New Jupiter MX beda…jdi perlu ubahan…bisa dri penghubung dri Koilnya yg d ubah atau dri bawaan New Jupiter MX biar bisa trpasang…yg prnah ane baca keluaran output Koil New Jupiter MX itu hanya 15.000 volt sementara Koil Kharisma mencapai 35.000 volt….(semakian tinggi semakin bagus)

yg kedua, bisa ganti Busi bawaan New Jupiter MX dengan Busi NGK G-Power (NGK Platinum) CPR8EAGP 9 (tempat ane harganya 30 ribu)

Busi NGK CPR8EAGP9

nah, dri ubahan 2 itu saja…dengan biaya 95 ribu…setidaknya NJMX ane jdi sedikit bertenaga…untuk aksel biasa aja dri standar….tpi putaran atas agak lebih baik dri standar…untuk mencapai kecepatan 100-110 kpj…tidak sulit mas bro…dan untuk uji konsumsi bahan bakar…bisa nambah irit lebih kurang 3-5 kilometer dri standarnya…wow…emang segitu besar efeknya?? ya mas bro…itu hasil pengujian ane…

yg ketiga, klw dirasa masih kurang…bisa ubah gear belakang New Jupiter MX yg ukuran standar 38T bisa pakai Gear Belakang Jupiter Z lama ukuran 36T…ane beli d toko variasi merk DBS Rp 30.000….klw ori dealer sekitar Rp 55.000…

Gear belakang 36T Jupiter Z

Gear belakang 36T Jupiter Z

klw ubahan gear belakang dikecilin yg dilakukan mas bro…nafas motor jdi panjang serasa pakai CDI Unlimit lah…tpi kan biasanya pakai Gear kecil tarikan lelet kan mas bro….?? klw ane rasa ga ada masalah mas bro, biasa aja dri standar…justru ane prnah tes ride Old Jupiter MX…ane kira tarikannya lebih enteng dri New Jupiter MX mas bro….trnyata tidak…msih enakan tarikan New Jupiter MX walau punya ane udah pakai gear belakang 36 ditambah harus narik velg besar+ban gambot…oya, klw pakai gear ini…biasanya nafas

gigi 1 cuman 40 kpj…ini bisa 50 kpj mas bro…
gigi 2 cuman 70 kpj…ini bisa 78 kpj…

gigi 3 cuman 90 kpj…ini bisa 98 kpj…

gigi 4 cuman 110 kpj…ini bisa 115-118 kpj…

gigi 5 hanya bersifat overdrive…tpi ada kenaikan topspeed walau sedikit…bisa lah untuk menggapai >120 kpj lebih dikit…

Pengalaman ane prnah ketemu dengan Old Jupiter MX mas bro….gigi 1 n 2 ane kalah tarikan…gigi 3 imbang…dan ketika pakai gigi 4 ane bisa salip n berada d depan mas bro…1 lgi, ketemu Vixion ketika touring sama2 boncengan…ketika dia ane mau salip dia malah nambah kecepatan, nah terjadilah saling betot gas…dan di gigi 4 ane bisa menang….(no offense mas bro..ini hanya sekedar pengalaman…itu semua trgantung joki jga)

oya, klw pakai Gear belakang 36T…mas bro harus rela klw motornya tambah boros…misalkan standar konsumsi BBM NJMX dapat 48 km/liter…pakai Koil Kharisma+Busi NGK G-Power bisa dapat 51 km/liter….nah, jika mas bro pakai Koil Kharisma+Busi NGK G-Power+Gear Belakang 36 maka konsumsi BBM-nya sperti standar jdi 48 km/liter…Namun demikian, kerugian pakai gear belakang 36 yang bikin konsumsi bbm tambah boros, telah terkover oleh keunggulan dari pemakaian koil karisma…contoh mudahnya sperti itu mas bro…

jdi dengan biaya d bawah 150 ribu…kisaran antara 115 ribu-130 ribu…kita sudah dapatkan performa lebih baik dri standar….
ok mas bro…itu hanya sekedar share pengalaman n pengujian yg ane lakukan…semua ane tes brdsarkan yg ane rsakan….lebih dan kurang ane minta maaf klw ada yg kurang brkenan (macam pidato aja)…

sampai jumpa di artikel selanjutnya mas bro…

Komentar»

1. sejutaumat - 11 Oktober 2012

sip layak dicoba nih di penggantian gear set besok

2. bennylukitopurnomo - 11 Oktober 2012
3. Dide - 12 Oktober 2012
trishinu - 12 Oktober 2012

wow, makin ngacir…tpi itu butuh biaya gede…

4. gasfuel - 12 Oktober 2012

he,he ada yg keracunan koil karisma nih,,
coba deh bro kawinkan dg busi iridium,, tarikan atas tambah maknyus,,
old mx,dan fu ane dah lama pake tu koil,
solusi murmer tp hasil maxi, dibanding beli koil racing

trishinu - 12 Oktober 2012

busi iridium hampir 100 ribu mas bro…cukup Busi NGK aja…klw dah mati busi NGKnya, bisa d cobalah busi iridium….sip makasih sarannya

yhudin pakerin - 7 Mei 2014

e gan, tu kabel kagak sama gmna y matsud e gan ,’
trus di gimana in ‘ ya , gan biar bisa pas ‘aku kok , kurang ngarti .
heheheh , maklum laa ‘,, :-D

5. bayu - 12 Oktober 2012

itu gas nya msh standar atau udh diturunin gas yang dari karbunya mas ?

trishinu - 12 Oktober 2012

maksudnya??

6. njmx - 12 Oktober 2012

boss…..itu mxnya minumnya apa?petramax ama premium gan?

trishinu - 12 Oktober 2012

premium…klw ada duit pakai pertamax…tiap 3000 km pakai Yamalube Carbon Cleaner….

7. ipanase - 12 Oktober 2012

wow

lorenza - 3 Oktober 2013

ehhh broo apa penyebab nya gigi empat mx kuu tuu nahan truss

8. bayu - 12 Oktober 2012

bagaimana perbandingan nya klo pake koil yamaha y125 z dan busi iridium ?
trus bukannya NJMX yg msh standar itu bisa dengan mudah naik ke 110 KPJ ?

trishinu - 12 Oktober 2012

yup…ada harga ada kualitas mas bro…itu udah jelas bakalan meningkatkan tenaga…
emang bro…setidaknya gigi 4 lebih berisi…lebih enak n lebih galak pakai gigi 4 bro…

9. bayu - 12 Oktober 2012

nah jika std saja mudah naik ke 110 kpj kenapa harus gonta ganti seperti mas sarankan diatas,mohon pencerahannya mas :)

trishinu - 12 Oktober 2012

agar pengapian lebih bagus aja….nambah irit jga kok dgn pergantian pakai koil kharisma+busi NGK G-power…itu semua trgantung ente mas bro…klw d rasa sudah puas dgn performa NJMX standar…ya standar aja…

10. z1rider - 12 Oktober 2012

setidaknya keunggulan pakai Koil Kharisma trmakan oleh kerugian pakai Gear Belakang 36.

Sekedar saran nih mas, statementnya kebalik mas kliatannya, hehehe. Gimana kalau gini :
Namun demikian, kerugian pakai gear belakang 36 yang bikin konsumsi bbm tambah boros, telah terkover oleh keunggulan dari pemakaian koil karisma :)

trishinu - 13 Oktober 2012

sip2…makasih sarannya

z1rider - 13 Oktober 2012

Sama – sama mas. Ditunggu posting selanjutnya :)

trishinu - 13 Oktober 2012

ok mas bro

11. ojek..kojek - 17 Oktober 2012

mantap…gan
ane punya keluhan njmx ane setelah servis borosnya minta ampun. nggak tau d oprek apanya soale yg servis bini ane..mohon pencerahanya

trishinu - 17 Oktober 2012

coba d cek lgi gan k dealernya…biasanya settingan karbunya gan kurang sesuai…

12. agoes pootra - 13 November 2012

menurut ane itu terlalu rumit+mahal bro,ane juga pake njmx bisa tembus 130km/jam.padahal njmx ane masih standar walopun ada sedikit perubahan simpel.yaitu:
-pake busi tdr ballistic (23rb)
-pasang 9power 2biji (85rb)
-sok depan ane turunin 3cm
semua tinggal pasang,9powernya dippasang dikabel busi diujung kop busi 1 ,yg 1nya diujung koil.

perbedaan lumayan wlp gk signifikan tapi tarikan lumayan mak nyooos+nafasnya agak panjang dikit.
gigi 1 – 45kmj
gigi 2 – 75kmj
gigi 3 – 97kmj
gigi 4 – 118kmj
gigi 5 puanjang bangeeeet ,,,bisa 130kmj lbh dikit walopun agk lama.

13. akku adlh yans - 18 November 2012

mantap,,tpi itu koil kharisma bsa di psangkan dng cdi brt gk?

trishinu - 18 November 2012

bisa donk bro…hehehe
koil kharisma kan koil standar motor

14. Anderson Andrianus - 22 November 2012

mas tri prnh ngalamin gejala : klo lg panas in tau2 mati,seblm mati bunyi crek-crek gaya gak dapat napas gitu?, gy nya dr sektor karbu.Motor br juga blm 5 bulan.

trishinu - 22 November 2012

belum prnah sih bro…settingan karbunya kali tuh bro…d bawa k beres aja minta settingin lgi karbunya…

15. kriss - 27 November 2012

motor ane MX 2007 bro no kopling bisa lari gigi 1 50/kpj gigi 2 bisa 77/kpj gigi 3 bisa 105/kpj , dan gigi 4 bisa smpe 120/kpj bang .. motor bner-bner murni standar hanya saja ane pke oli 1 liter repsol , telaten msuk bengkel 1 bulan sekali .. !! jrak 500mtr sma FU cuma klah gigi doang , ya tergantung joki sii :) , sekedar info trims :D

c0c0by YMJET FI - 2 Maret 2013

sama kaya ane bro oli 1 liter repsol power one sering di rawat akselerasi mantap

16. syahmadani - 14 Desember 2012

sekedar saran aja bro. silakan di coba ntar.
mx ane tahun 2007 standar abis, ubahan yang ane lakuin adalah copot paking silinder blok, noken as vixion standar, koil kawahara, reamer batang cuk karbu, oli enduro racing. dengan ubahan itu saja 120 kpj mudah banget. top speed 128 kpj, kalo nunduk max bisa 138 kpj. pokok@ kalo fu ma vixion standar tinggal jauh. padahal standar@ mx saya cuma bisa lari 110 – 115 kpj aja itu pun berat.
o ya, bro org medan ya ?

trishinu - 25 Desember 2012

okeh mas bro…makasih infonya…
ane org binjai yg tiap hari pulang-pergi kuliah k medan…hihihi

loudy julio - 10 Mei 2013

bos gua ganti kyk di atas buat harian bikin problem ga bos?

17. Khairul Rizki - 19 Desember 2012

misi bg
aku nak medan
bagi info’a donk bg biar mx ane ngacirr
lari mx ane masi cetek amat

trishinu - 25 Desember 2012

mau ngebut dmna bro?? medan kan sring macet…hihihi

18. setan.biru - 22 Desember 2012

wah.menarik.
dr pda koil yamaha yz 125.mahal.
ini lumayan.
oh ya.njmx sya sudh bore up.
speck :piston sonic,kampas + per kopling BRT,per klep Tdr,busi tdr super iridium,cdi powermax dualband,karbu pe 28,knalpot wrx oval series.
…..
smoga agan dapat pandangan dh ^_^

trishinu - 25 Desember 2012

sip..makasih gan dah mau brbagi

19. ferhan zakaria (@ferhan_zakaria1) - 22 Desember 2012

mas bro kalo kita otak atik gitu , ada permasalahan ama performa mesinnya nantinya ato engga ?

trishinu - 22 Desember 2012

klw untuk harian ga rekomen deh bro…bahaya…

20. ferhan zakaria (@ferhan_zakaria1) - 23 Desember 2012

tapi mesinnya ga akan ada problem ama mesinkan ?

trishinu - 23 Desember 2012

ga ada bro aman aja…asalkan pemasangannya pas n tepat…

21. ferhan zakaria (@ferhan_zakaria1) - 24 Desember 2012

thanks gan

22. dani - 31 Desember 2012

yo’i sama2. tapi dari medan arah binjai kan gak macet bro…..
palingan di akhir pekan doang.

trishinu - 31 Desember 2012

sapa bilang bro…ga macet memang..tpi ramai lancar…kdang2 padat merayap jga…
mau ngebut pling d jalan baru (megawati) arah k stabat bisanya..

23. Anthony Steven - 4 Januari 2013

mau nanyanih gan,NJMX ane standar kok narik 110 aja udah berat ya ? sekarang sudah ganti knalpot R9 + CDI dualband.
gigi 1 : 40
gigi 2 : 60
gigi 3 : 80
gigi 4 : 100
gigi 5 : 110
kalo ane ganti coil honda karisma + busi NGK apa mgkn akan jauh melesat ? Mohon pencerahannya.

trishinu - 5 Januari 2013

cuman nambah enteng aja bro naik k 110 kpj…topspeed gak trlalu ngaruh…mau nambah topspeed bsa ganti noken as pakai punya vixi (main aman)..mau lebih pakai noken as custom bro..d jamin topspeed nambah..trakhir ya bore up solusinya klw msih kurang..hehhee

24. anggariz - 7 Januari 2013

cba pke koil yz 125 mas bro tarikan tmbah enteng.
jupi old ane udh pke cdi BRT hyperband + koil yz 124 + busi platinum.
bensin lebih irit 1:70km top speed 130km.

trishinu - 7 Januari 2013

wow ajib..makasih sarannya mas bro..

eek - 8 Mei 2013

yz emang bagus tuh koil bro.. tp harga,e juga lumayan-lah..

25. pandahitam - 8 Januari 2013

koil karisma ama 5bp besaran mana bro outputnya????

http://pandahitam.wordpress.com/2013/01/08/sihitam-ganti-knalpot/

trishinu - 8 Januari 2013

ane lupa bro..:D

26. Arii - 4 Februari 2013

kalo diganti knalpot yang cocok buat njmx ane apa ya ? mx ane udah diganti cdi brt dualband + tdr platinum …
thanks gan ….

trishinu - 4 Februari 2013

R9 bagus tuh gan :-)

Arii - 4 Februari 2013

yang harganya dibawah 500rb.an ajah…
soalnya minggu besok ini mau test ride di kenjeran sby ni…
thank’s …

27. bagus sullian - 6 Februari 2013

mas brow mtor ane jupi mx thn 2010 knalpot racing tapi ane juga pingin coba pake cdi karisma,busi racing ama gear 36 apa bkalan ngaruh juga ya ?

28. brom - 20 Februari 2013

koil karisma dipake di vega lama bisa ga ya mas? secara vega lama menganut sistem AC sedagkan karisma sistem DC

29. Chentunk Pensiun Dadi Jambred - 2 Maret 2013

mas bro jupiter mx qu tahun 2007. apa bisa d kasih koil karisma ? karena tarikanya gak bsa kncang sma skali. sma jupiter z baru sja hmpir kalah.

trishinu - 2 Maret 2013

bisaa mas bro :-)

30. Joseph Sinaga - 11 Maret 2013

MX aku tahun 2007 bro
kmarin gw pake CDI BRT dualband
gear dpn 15
blakang 43
MJ PJ naik 1 step
aku tes sama vixion dand FU standart mreka kalah bro
spontan nya keren bnget kayak mesin 2tak gitu
cobain aja deh
horas :)

31. yuswo aaza - 18 Maret 2013

bang kris. motor nya standar kan , cuma menerapakan aplikasi di atas. yang jadi pertanya an

settelan angin berpa ?
Bensin pake apa ?

terima kasih atas jawabannya , di tunggu :D

Horas juga.

32. dimas - 20 Maret 2013

salam kenal ,
ane rider njmx juga .
Apa yg harus disesuaikan setelah ganti koil karisma ?
Takutnya pengaruh ke jebol piston atau ngeganggu yang lain2nya .
Rencana mw pasang knalpot r9,
minta masukkannya apa aja yang harus di setting ulang .
Tks

trishinu - 24 Maret 2013

klw koil kharisma ga usah stel apa2 lgi bro..tinggal PNP aja..

33. awal - 24 Maret 2013

klo ojmx pake koil karisma dan cdi BRT Neo Hyperband bagus gak bro…?
mohon saran ny..trimz

trishinu - 24 Maret 2013

bagus bro…tpi lebih bagus koil YZ 125 + CDI BRT Powermax Dualband

34. yuswo aaza - 27 Maret 2013

hadehhh …postingan ane di ceukein :(

35. anton - 8 April 2013

motor ane langsung ke TKP besokk

36. dick - 22 April 2013

motor ane bwat harian, kalo diset kaya gitu, kedepanya gamana bang,, akankah berbahay ato sebalikknya,,??

37. angga bayu - 23 April 2013

beda cpr6 sm cpr 8 emg ap ya bro,coz aq tx d bengkel,klo utk mx ya pke yg cpr 6

38. danimx - 28 April 2013

Perasaan motor ane yg jupi mx 2007 bisa dech nyaingin motor upgrade new jupiter mx yg bos posting, malah motor ane standar tingting tnpa ganti apapun…
Gear 1 50km/h

Gear 2 80km/h
Gear 3 115km/h
Gear 4 125km/h…

Ini fakta loch

ato - 16 Juli 2013

tul.tergantung yg bw.yg pasti mx permainan nya urut,jgn sekali2 lepas gas,mending di panteng bila jln blm bebas dan jgn lepas turun gas lgsg.

39. Mx rider - 11 Mei 2013

Bro ,tolong kasih tau cara ganti koilnya dong.
biar bisa ane cobain di rumah

40. utuh walut - 17 Mei 2013

Mx saya 2008 , gg 1=45kpj / gg 2=90kpj / gg 3=120kpj / gg 4=140kpj, busi ngk/ koil supraX/karbo std cuma maen jet aja/kampas kopling std/pir kampas honda tiger2000/ rantai set std/minyak pertamax,ban muka std/ belakang 100’80’17, di tes bisa ningalin satria F std/ sama v-ixin std, moga bermanpfa at,

41. tjo end dro - 19 Mei 2013

pkai cdi racing kira2 buat harian gmna bro? aman gk? ane pkai brt hyperband

42. Bil - 21 Mei 2013

Mas bro kalo pake koil supraX + busi NGK + Gear 36 + pir kompas honda tiger 2000 bisa ngga ???
Ngga pengaruh yang negatif buat mesin ngga masbro ??

Bagusan mana koil supraX atau koil honda kharisma masbro ?
Mohon di jelaskan..
Makasih.

43. Dody - 21 Mei 2013

Kalau njmx untuk harian, agar top speed’a kencang, gmna tu bos.??

44. Bagus - 9 Juni 2013

Ane pake New MX msh totaly standard…cmn dari wkt masih endrayen ( Baru ) ane sdh biasain trak high speed…dan hasilnya sdh sering bikin malu saingan ane sprt Vixion, Mega Pro cmn 1 yg ane takutkan yaitu Suzuki FU 150..busset dah nyerah ane..
Pertanyaan ane, apa klo ikutin tip dr Mas Bro bisa nyaingin FU..?
Tolong pencerahannya…..n terimakasih Mas Bro….

45. fadel baabduh - 13 Juni 2013

Mantap gan trisnu.
Ane udh coba nie dengan koil kharisma+ busi TDR balistic (soalnya tmpt ane gx ada busi NGK Platinum jd ya udh ane pke ini aj )
Busi Tdr balistic kan ktnya cocok buat motor2 standar….!
bner gan tarikan terasa ringas dan narik gas terasa padat. ..!

46. joel - 28 Juni 2013

weh mantap tuh, mx 2006 ku dah bore up 150cc, noken as pake std vixion, karbu reamer jd 24mm, perklep CLD, CDI VARRO buat MX, Kampas kopling punya Kharisma, Per kopling pake punya Tiger, gear pake SSS 415-14T dan 415-38T pernah aq cuba bisa 130km/jam, sayangnya jalannya gak mendukung, kurang panjang…mungkin klo panjang bisa 140 ap 150km/jam…oh iya tp lengan ayun std dah tak modif tambahin stabilizer jd gak goyang waktu buat ngebut…mungkin klo koil ganti punya kharisma lebih yahud lg ya? skrng masih koil std sih?…makasih infonya gan…??

trishinu - 3 Juli 2013

klw dah spek segitu mending pakai koil YZ125 aja bro

47. Faizal - 11 Juli 2013

cara masang koil nya gimana gan ?

tlong pencerahannya ..

48. Novanda Sukiatmono T. - 5 Agustus 2013

tapi masbro,, ni hanya opini saya semata..
kalau output koil berlebih CDI kan rawan jebol? hehe
tapi kalau pengalaman masbro ini tidak ada efek samping ya bagus lah buat dicoba haha

update perkembangan terbaru bro.. hehe

49. mxrc 013 medan - 15 Agustus 2013

Mx ane 2008 . Pir klep diganjal ring , CDI BRT Dualband power max , busi iridium denso, baterai baru , pir kopling TDR, knalpot satria F, lainnya lainnya stndart semua, lubang spuyer agak dibesarin. hal negatif yg terjadi brebet , pas pertama hidup sering nembak . Mohon solusi ?Rencana ane mw ngilangin brebet ganti karbu 28.

50. ponco - 15 Agustus 2013

mas bro sdh saya aplikasikan d njmx saya. cm perlu tambahan d kasih kabel utk min nya. trs klo busi platinum ngk yg bro bilang itu ternyata sd busi standard njmx ane. ane tau nya pas msang. kok modenya sama

51. ponco - 15 Agustus 2013

Info terbaru bagi yg pake CDI BRT ga perlu ganti Koil dan busi, cukup yg standard. info dari tekhnikal BRT (Heri) saya tanya via bbm, karena ga ada pengaruh besar pengapian dg power. itu info mas heri nyesel juga baru ganti koil kharisma n busi baru dapet infonya. terus kata beliau kalo pake koil racing malah merusak CDI nya gitu.

52. sanim guladig - 23 Agustus 2013

Makasihhh. . .info nya agan. . .

53. asril - 2 September 2013

Kalo di tambah per kopling racing gmna mas bro

54. woles - 15 Oktober 2013

kapan hari ane menang lwan jupi mx baru
ane mx lama.
dia std ane kagak
hehehehe
ane mx cdi brt, gir 14-34, knalpot std
bensin full pertamax plus
gigi 2 lewat
wkwkwkekek
btw di surabaya cari platinum kok susah ya

55. dyan galih hermawan - 24 Oktober 2013

Brother, pakai ban ukuran berapa?
Ane pakai NJMX th 2013 dan ukuran ban depan 100/90, ban belakang 120/90. Apa Gäªk berat ya kalo pake gear 36T???

56. die - 25 Oktober 2013

wao keren …
Velg depan nya diganti merk apa masbrow??

Kalo boleh kasih saran, dengan ban gde seperti itu, di gear belakang dikasih 36 pasti sangat lemot banget di tarikan awal, kasian mesinnya .
Coba kasih perbandingan rasio 39 d gear belakang, bsa nyomot punya jupiter mx lama dan depan 14 bawaan std njmx .
Kalo dari itung2an, aksel + speed gak akan banyak berubah deh dari standar .

Btw, 120 di belakang gasruk spakbor kagak ???

57. ikhwanazzain - 24 November 2013

mas bro knapa ya jupiter mx saya ktika saya ganti CDI BRT malah trsendat-sendat yaa klo d bwa pelan
padahal bloknya vixion,karbu standar
tolong kasi solusi donk

58. ozala7x - 23 Desember 2013

bro ane mo nenya dunk,,,,bagi yang tau,,,heheh
ane pnya njmx,blok ane dah ganti pke seher 60,noken as mo di ganti kawahara,karbu paling msih standar tpi PJ dan MJ nya mo di ganti…kalau ane ganti koil yang agan kasih saran di atas itu,,kira” bagus ngga ya di motor ane yang udah ada perubahan ini..thx gan

trishinu - 24 Desember 2013

bagus gan..cuman klw mau yg lebih bagus pakai koil YZ 125 ja gan..hehehe

59. muhammad ridwan - 30 Desember 2013

udah di coba tapi masihtetp sama , noob

60. reza - 31 Desember 2013

bang kalo misal diganti yang kaya diatas ngaruh gak sama panas mesin soalnya ane lemot banget ke top speed itu aja cuma 100 kpj dan masih standar njmxnya

61. Jun - 7 Januari 2014

Kalo buat f1zr bisa pake coil karisma gak ya?terus hasilnya gmn?

62. izul - 9 Januari 2014

Klw spek ane skrg :
– Karbu mx old + intake (dipapas intakenya klw gak. mentok di crankcase) MJ 113 PJ 30 (setting basah)
– CDI Brt dualband
– Busi liben iridium
– Coil kharisma kode part sama
– Gear belakang 35
– Magnet coil TDK 2pcs di kabel busi dan 1pcs kabel plus yang aki
– Pertamax / shell (premium klw kepepet)
– Rante pake RXZ atw king krn lbh tebel biar kagak cape nyetel mulu
– Belum bore up
– Perkopling TDK 4pcs

Gigi 1 50kpj (spare aman aja) bs sampe 55kpj tp mksa
Gigi 2 85-95kpj
Gigi 3 110kpj
Gigi 4 125kpj (udah ngeri nih krn agak melayang)
Gigi 5 kagak pernah nyampe krn udh down w bawanya jd kagak tau brp kpj

Pemakaian bensin tergntung cara bawanya juga, dan jarak tempuh (ane tau cara itung 1ltr : brp km) yg sering perhatiin ane isi full tank utk 2hr (full power) klw 3hr (nyantei alias woles) hehehhe

63. Rian Yudana - 23 Februari 2014

Om trishnu, kalo gear belakang dibuat 36 ada efeknya gak tentang jalan datar, jalan menurun, jalan menanjak..??

64. betmen n dgeng - 10 April 2014

klo gw rasa smakin kecil gir blakang smakin lemot pada putaran awal … klo gir blakang besar smakin bagus tarikan awalnya bro cuman top speed payah … bgtupun klo sebaliknya .. klo pilih top speed yg di kejar pake gir blakang yg kecil , tapi klo mo performa ( buat yg suka touring naek gunung) mending besarin aja gir blakangx gan :D .. coelk mi if ai was worng gan .. maap maklum masih cupu :D

65. bayu Solo - 11 April 2014

mas bro. punya saya mx 2013 top speed cuman 110 doang. itupun lama bgt kalo bole nanya biar lebih kenceng di oprek apaan.

Rakhmat Tri Putra - 21 Juli 2014

ganti aja kampas koplingnya pakai GL pro, grand, atau KLX150.. pasang 5 lembar.. lalu ganti aja per koplingnya sam yang after market aka racing..

atau bisa juga aplikasi rumah kopling 6 per, bisa ambil merek UMA atau SYS… pasti akselnya naik cepet bgt..

mau lebih complicated lagi? coba bisa ganti koil (bisa kharisma atau mau yang advance pake 4ss aka koil yz 125) lalu ganti busi iridium atau CPR8EAGP-9 dan ganti karburator dengan model skep, kalo gak mau ribet, aplikasi karbu OJMX ke NJMX atau pasang karbu model skep lain ke NJMX mengingat kabru NJMX itu model vakum, susah naik susah turun… hehehe

#CMIIW #masihnewbie #maafkalosotoy

66. bogi - 22 April 2014

pengapian besar piston bisa blong

67. Ikhsan - 29 April 2014

cara pasang koilnya gimana gan trishnu..??

68. HambaTuhan - 3 Juni 2014

ni ane kasih tau racikan anak2 bengkel ane
pake cdi BRT, trus pake koil kharisma, busi juga pake kharisma yg denso.. pake kiprok tiger…
pake gear set SSS deh yg tipis.
jamin keceng

69. mortechbali - 13 Juli 2014

sambil Nyimak Numpang Promosi Gan Toko Aksesoris Motor Terima kasih.

70. Rakhmat Tri Putra - 21 Juli 2014

motor ane ojmx 2009..

spesifikasinya:
– mesin standaran
– pakai koil kharisma + 2 ferrit*
– di kabel CDI pakai satu ferrit* (CDI standar)
– pakai kampas kopling GL pro 5 lembar lepas judderspring
– Per kopling TDR
– Busi CPR8EAGP-9
– Karburator PE 28 (pilot jet 38, main jet 105)
– Knalpot free flow fullstainless hasil custom sendiri

yang ane rasain cuma aksel cepet naik.. gak ada kenaikan top speed.. oke, top speed bisa diakali dengan mata gir.. tapi kalo mau top speed nambah signifikan memang mau gak mau ganti CDI yang limiternya lebih panjang atau sering dibilang CDI no-limit.

itu semua piranti untuk menaikan akselarasi kalo menurut ane, tanpa penggantian mata gir atau CDI no-limit, atau pengurangan beban dari motor (seperti mengganti pelek racing menjadi jari-jari yang lebih ringan, atau mengurangi beban motor) kenaikan top speed rasanya gak terlalu signifikan..

ane aja yang udah kayak gitu cuma bisa
gigi 1—>0-50Kpj
gigi 2—>50-90Kpj
gigi 3—>90-100/110Kpj
gigi 4—>110Kpj naik turun dan mentok di sekitar 110-115Kpj (rasio standar bawaan pabrik yang bersifat overdrive)

jadi kalo sampai 120Kpj itu udah wow bgt, hati-hati mesin jebol..
dan sebenarnya ada efek buruk menaikan arus koil.. semakin besar arus, resiko piston bolong semakin besar… jadi kudu bijak untuk mengganti parts.. selama kegunaannya untuk harian, kudu yang wajar aja ubahannya..

*: Ferrit atau selongsongan karbon padat, penangkap arus liar berfungsi seperti groundstrap.

salam kenal dari jakarta pusat. ;)


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 642 pengikut lainnya.

