jump to navigation

Overall tentang New Jupiter MX 26 November 2011

Posted by trishinu in New Jupiter MX, Yamaha.
trackback

Foto-foto New Jupiter MX 2011

sedikit berbagi cerita setelah memakai New Jupiter MX keluaran versi 2011

sebelum membeli nih motor, dlu ane sempat memakai motor Thunder 125 keluaran tahun 2007 (punya ayah) n Vixion keluaran tahun 2009 (punya abang) serta Supra X 100 keluaran tahun 2003 (punya ibu)..

setelah tamat SMA, alhamdulillah ane d terima d salah satu universitas negeri d medan…lokasi ane dgn kampus trcinta lumayan jauh skitar 27-28 kilometer dri rumah atau 40-50 menit dri rumah..

tpi akhirnya tepat pada tanggal 4 Juli 2011 (lama jga padahal dah ngidam sejak November 2010) ane ambil New Jupiter MX, pada saat pertama kali pakai…nih motor sangat nyaman dgn jok lebar+udah trbiasa dgn motor kopling…inreyen jga sesuai dgn buku petunjuk..

stelah menempuh 750 kilometer akhirnya ane ganti oli, tpi saat itu mekaniknya memakai oli Yamalube gold bukan Yamalube sport…ya udah mungkin stok olinya habis, stelah lewat masa inreyen 1000 kilometer..ane coba tes kemampuan nih motor, saat itu dapat 105 kpj tpi gas sudah mentok (mungkin krna msih bru menurut ane)..

waktu berjalan, ane coba mengeksplorasi konsumsi BBM dgn memakai bahan bakar berbeda mulai dri Premium sampai Pertamax…hasilnya cukup memuaskan, 1 liter Premium bisa menenmpuh jarak antara 45-48 kilometer sementara 1 liter Pertamax bisa menempuh jarak antara 50-54.7 kilometer (wow, untuk ukuran motor 135cc ini sudah trgolong irit) mungkin jga krna penggunaan Karburator Vakum…

ane jga sempat heran liat nih motor krna beberapa kali tes topspeed hasilnya ga memuaskan, mentok d 105 kpj…ane kira mungkin motor gagal produksi, salah makai oli waktu servis pertama, settingan ga pas dll (maklum speedfreak)

akhirnya stelah servis 6x+ganti oli 7x dan masa pemakaian udah 6 bulan…ane iseng2 tes topspeed lgi, dgn kondisi jalan sepi saat setelah subuh dgn memakai bahan bakar premium…Gigi 1 d geber sampai 40 kpj, lalu pindah k gear 2 dapat 65 kpj, ganti k gear 3 dapat 90 kpj, gear 4 dapat 107 kpj pindah k gear 5 tembus 120 kpj…saat itu saya rasa msih bsa sampai 125 kpj dgn keadaan motor standar…tpi d depan ada mobil yg menghalangi jalan, jdi saya kurangi kecepatan…

overall, stelah pemakaian sehari2 n pengalaman memakai nih motor…ane simpulkan nih motor trmasuk irit, untuk speed udah trmasuk bgus dapat 120 kpj bahkan sebenarnya bsa lebih, nyaman n enak buat kondisi jalanan macet atau padat…

cuman ada beberapa kelemahannya yaitu kampas rem belakang cepat habis (5 bulan 2 minggu udah habis), suara mesin lumayan kasar dll

Komentar»

1. nsx125 - 4 Januari 2012

wew
pertamax ta’ sikat om

2. blackmx2010 - 4 Januari 2012

nice info gan…
ane punya OJMX udah nyaman, apalagi pake NJMX…
pengen ganti sih, tapi lum punya duit…
hehhehe

3. RGoh - 5 Januari 2012

sip… irit,berarti mx2 yg lain pada boros itu kenapa ya kira2?? cara ngitung konsumsi bbmnya gimana???

trishinu - 7 Januari 2012

trgantung style rider bro…tpi pernah d bwa smpai 120 kpj tetap irit jga…itung konsumsi bbm dgn perhitungan jarak tempuh (odometer) dibagi Bensin yg trpakai..

4. vixi riders - 5 Januari 2012

mas bro………
mw nya nih, ukuran gear belakang new jupiter mx brp…???

trishinu - 7 Januari 2012

38 bro

5. Skipz - 5 Januari 2012

Beda tipis ama Jupiter MX Ane yg model lama, malah dulu setelah di servis topspeednya 100Kpj aj sulit utk naik lagi (speednya naik namun pelan), tapi torsinya enak saat awal start..

6. Raden Tono - 6 Januari 2012

coba bro adu speed ama cs1 bisa gak ngeladenin dahsyatnya mesin125 cs1…xixixixixi

trishinu - 7 Januari 2012

d tempat ane CS1 langka bro..hehehe

gugin - 31 Januari 2012

ga laku ya cs1, heheee……..motor gagal.

secara speed tarikan awal mx jauh di depan, lepas rpm 8000 cs1 baru bisa mengungguli…

mx dibuat buat untuk karakter stop & go yang artinya kalo nyikat 2 truck tronton ga masalah…

7. Gondel - 6 Januari 2012

Nice review kang..

Ane dulu juga make..tapi mx lama keluaran 2007
Sekarang malah make cs1…
Utk mx 2007 seliter bisa 40-42km..cs1 sedikit lebih irit : bisa 45-47km…kondisi make premium
Akselerasi gear 1-2 unggul mx..dikota2 bener2 torsi badak…tapi gear 3-4-5 cs1 jauh lebih narik
Top speed mx :
Gear 3 : 107kpj
Gear 4 : 115kpj
Nunduk : 118kpj
Top speed cs1
Gear 4 : 119kpj
Gear 5 : 126kpj
Nunduk : 130kpj

trishinu - 7 Januari 2012

ane jga prnah tes CS1 bro, tpi topspeed standar dapat 116 kpj…punya ente standar?

Jet Aviation 1 fuel - 8 Januari 2012

Berani jamin 100% standar masbro…beneran
Shifting gear 3-4 mantebnya di 10000rpm

Kurang dari itu yah gk nyantol
Peak powernya..

Overbore beda ama overstroke karakternya..gk bisa asal shifting di rpm menengah kayak motor yg square/overstroke

trishinu - 9 Januari 2012

ehm…lain kali ane eksplorasi kemampuan si CS 1…

lenyot - 30 November 2013

MX terawat gak..? jgn2 pake minyak kelapa lg oli nya,,!?

8. REC*303 - 6 Januari 2012

CS1 ane mentok di 130km/h

trishinu - 7 Januari 2012

standar pabrik bro?

9. CB 150 F HORNET a.k.a New Megatron - 6 Januari 2012

mx minumnya pasti pertamax ..

10. Phenom - 6 Januari 2012

Bener bgt..
Setuju dan sepakat dgn review nya..
New MX mang lbh irit dr versi sbelum nya..
Ane pake pertamax+ n motul 5100, 1Liter rata2 68km.. Kalo jalan nya di irit-iritin bisa sampai 74km.. Serius..

Masalah kanvas rem belakang jg bener, ane ganti pas bgt di service ke 4 saat kilometer 9800km..
Untuk Top Speed coba di seting lg karbu, angin, gas, busi..
Ane suka nya setingan putaran atas (tarikan awal lambat, tp atasnya narik terus) tembus 135km/h lebih dikit..

Note:
BBM – pertamax+
Oli – Motul 5100 15w-50
Ban depan – 90/80
Ban blkng – 110/80
Seting ulang karbu, pengapian, gas, n kopling..

trishinu - 7 Januari 2012

sip bro, makasih sarannya

Putra Ragil - 28 April 2012

mantep brow kayaknya

punya aku kaya ada limternya jadi paling mentok 120kpj tp masih pake premium

Putra Ragil - 28 April 2012

bro mau nanya kalo pake oli motul 5100 15w-50 suara mesinya kasar ga soale punyaku misinya kasar bgt pake yamalube sport

ardan - 22 April 2014

cara stel karbu MX tuk putaran atas itu gimana gan??

imam - 13 Agustus 2014

mana buktinya lol ??
percaya ko ama lu,musyrik.

11. Sarwoord - 6 Januari 2012

suara mesinnya kasar kya gimana ya mas?? gw pribadi naik mx ga ngerasain suara kasar.. cmiiw

trishinu - 7 Januari 2012

awal2 sih kasar bro d tambah suara gedebak-gedebuk d bgian mesin

Jet Aviation 1 fuel - 8 Januari 2012

Yg baru gk gitu kasar mas bro..klo yg lama emang kasar
Oli lebih baik diisi 1liter gk kurang..jgn 800-940ml

trishinu - 9 Januari 2012

1 liter bro??
Ga 940 ml??

12. fastout - 6 Januari 2012

new jupi mx aku gigi 1 40kmh , gigi 2 70kmh, gigi 3 100kmh, gigi 4 120an, gigi 5 belum nyoba hehe tapi udah pake cdi racing si

trishinu - 7 Januari 2012

kawan ane jga ada yg pake CDI Racing jga bro, tpi ketika pindah k gigi 5 topspeednya ga nambah..

salmanpedrosa - 7 Januari 2012

kalau beneran new mx 130kpj++ berarti bisa ngasepin pikson , buehahahahahahaha

ragielxgalang - 18 Maret 2012

tu pake Cdi racing merek aa gan..

wotamie - 10 Agustus 2013

NJMX punyaku standar…
1st Gear : 40Km/H
2nd Gear: 75Km/H
3rd Gear: 95~ Km/H
4th Gear: 110 Km/H
5th Gear: 120 KM/H
126 KM/H (Nunduk), bisa lebih sih sebenernya cuma jalanan ga rata, takut jatoh saya :3

Standar + ban depan 80/80 ban belakang 100/80
bahan bakar V-Power

nyobanya pas lagi disebelah ada New V-xion yg kecepatannya 126++ New MX ane kalah :3

13. gogo - 7 Januari 2012

mx emang nyaman banget.. buat harian bagusnya standart aj

sukses buat mx dan blognya.

salam kenal dari Purwokerto..

trishinu - 9 Januari 2012

iya bro..sip
salam kenal jga

14. Endrix - 7 Januari 2012

wew ada biker Medan juga nih Bang😀 salam dari warung sebelah sesama penunggang Jupi MX, Medan dimananya Bang?

btw untuk kanvas belakang memang bener boros MX sesuai review ane di http://www.sejutaumat.com/2011/12/06/kanvas-cakram-belakang-jupiter-mx-boros-bener/

untuk NJMX ini memang akselerasi gigi 1,2,3 agak lambat, tapi untuk gigi 4 dan 5 ngisi terus, dari pengalaman pribadi kalau adu ngebut di tanjakan ama motor sekelas (CS1, Pulsar 135) MX ane selalu unggul di gigi 4 dan 5.

15. trishinu - 9 Januari 2012

wah, yg punya warung sejuta umat nih…
Ente dri medan bang?
Ane kuliah d medan bang, tinggalnya d binjai..

Lho, kok aneh ya bang…NJMX d rancang untuk akselerasi, over stroke lg…jdi d gigi 1,2 n 3 tenaga ngisi trus, ane jga udah ngerasakan kedahsyatan aksel-nya…FU, Vixi, Tiger tewas adu aksel ma NJMX…
Malahan gigi 5 NJMX trikan yg lemot, hanya brsifat overdrive..

16. (Tes keakurasian Speedometer pertama) akan dilakukan pada New Jupiter MX « Trishinu's Blog - 26 Februari 2012

[…] 100 kpj sampai topspeed) 3. Konsumsi BBM New Jupiter MX memakai Premium n Pertamax (lho, d artikel Overall New Jupiter MX kan sudah ada mas bro) iya, tpi kali ini memakai bukti mas bro, biar sah…hehehe 4. […]

17. slam - 27 Februari 2012

serpis pertama di km berapa gan ?

trishinu - 28 Februari 2012

750 kilometer gan…

18. kaki samidi - 2 Maret 2012

Percaya gak percaya OJMX gue dah 60rb km kampas rem blkg blm pernah ganti, yg depan dah ganti sekali. Style riding gue klo ngerem sllu pake rem dpn yg blkng cuma buat ngimbangin aja dan nyatanya lebih safety, dulu pernah sekali ndlosor cos nginjek rem blkg terlalu dalam n ban ngesot. Pengen gue ganti tuh kampas blkng tp tiap dicek masih tebel..

19. ragielxgalang - 18 Maret 2012

emang new mx mantap.tapi ngomong” tu yang di ganti CDI,pake CDI racing apa brooo..

20. hermantorowp - 9 April 2012

wahh.. mas brow,, ane jg pke new mx…
tapi di gear1 cuma nyampe 30kpj an,
gear-2 masih nyantol lah 60an,
gear-3 nya yang lelet cuma mpe 80an…
salah apanya neh????

trishinu - 24 April 2012

paksa aja mas bro…klw ga berani geber puuuooolll ya dapatnya segitu2 aja…
G1 sanggup 40 kpj
G2 sanggup 70 kpj
G3 sanggup 90 kpj
G4 sanggup 110-115 kpj
G5 sanggup +120 kpj

Pangeran Ndeso - 6 Juli 2012

TVS Tormax ane
G1 45 kpj
G2 75 kpj
G3 100 kpj
G4 110 Kpj
G5 125 KPj

imam - 13 Agustus 2014

iya paksa aja.lebih bagus lagi sering-sering.oia jangan lupa pakai preium biar mesinnya makin mantep,alias klotok klotok.

kompresi tinggi ko pakai premium,dah gitu buat kebut-kebutan lagi,haha lol

21. tanana - 22 April 2012

lagi2 ada lagi yg mau benturkan mx dgn cs1. cs1 itu motor sport / bebek? kl motor sport, seperti oleh AHM dikatagorikan sport, lha mana tangki bensin ditengah? motor sport kok tanki dibawah jok? kl cs1 adlh bebek dan katanya lebih kencang dr mx, knapa balapan indoprix yg diturunkan di kelas 125cc adlh supra x & bukan cs1 yg kuenceng itu??? cs1 adl motor banci & hidrostephalus. motor gagal yg gak laku.

taufik - 2 Mei 2012

Kalau gw tetep cinta sama Yamaha Scorpio gw, lumayan buat ngeledekin kawasaki Ninja 250R,

tapi kalau ada Mio yg di jual murah mau donk, buat santai2 di jalan gan………

imam - 13 Agustus 2014

ciuss.mau dong di ledekin ama shock amblesmu ??

Pangeran Ndeso - 6 Juli 2012

Mesin CS1 Lumayan Loo. walaupun Tampangnya Gak banyak yg Minat, karena Desain asli Orang indonesia.

22. semzz - 30 Mei 2012

gan ane mau nanya donk,new mx ane kq kl dbawa ngebut ban ny ga stabil ya depan blakang.. Smua ban masih bawaan ori…
Trus kl lg jln lepas tangan satu stang ny jd goyang2.. Kenapa tuh ya? Dari ban ny yg jelek ap gmn? Pkok ny depan belakang dbawa ngebut ga stabil dah apa lg rebahan…

23. djenengkoe - 5 Juni 2012

mabtap sekali infonya ni gan… awalnya mo bli vixion… tp jd kepincut ma njmx

24. ali - 22 Juni 2012

kira-kira yang mana yang yang cepat Jupiter MX yang lama atau new Jupiter MX, motor pertama saya Jupiter MX yang lama, gak kuat naik gunung, gigi 4 nya lemot (cepatl banget mentok gasnya padahal speed cuma sekita 85 km/h) masih bagus gigi 3 terasa lebih bertenaga ( tes pake GPS top speed selama pake Jupiter MX lama maksimal 98 km/h, gas sudah mentok di gigi 4). putaran bawah Jupiter MX lama saya memang liar (gigi 1 dan 2 sangat bagus, gigi 3 sudah bisa memaksimalkan putaran mesin, gigi 4 seperti gak ada pengaruhnya, tidak menambah top speed secara signifikan) jupiter mx lama saya putaran atasnya tidak bertenaga. bagaimana dengan yang baru apakah sama, secara gear to ratio bertambah jadi 5 speed, bobot juga bertambah sehingga power weight to ratio menjadi berkurang???

tanana - 4 Juli 2012

cara mengatasinya mudah, perbesar ukuran gear belakang. standard ukuran gear belakang mx lama adalah 39, coba pakai ukuran 40 atau 41, maka gigi 4 akan terasa lebih ringan.

25. Pangeran Ndeso - 6 Juli 2012

ayo testing ma Motor Ane TVS Tormax, 5 Speed, Standar Top Speed 125km/jam

26. alan - 24 Juli 2012

jupiter ku tahun 2006 top speednya bisa nyampek 130 kpj

27. abu - 24 Juli 2012

motor ane sama seperti om, tapi udah pemakaian 11 bulan knalpot nya blubub blubub…
knapa ya om😦

28. Freddy - 24 Agustus 2012

Kalau boleh kasih saran pake oli deltalube, nmx ane jg pake, sebelumnya pake oli pabrikan suara kasar trus berat, pakai oli p,b,t,mt,r,c jg sama aja,stlh pake oli itu mesin halus, tarikan enteng. .
Coba saja cob biar prcya

29. martilus - 9 Oktober 2012

wah,sama bro… Pengalaman motor jupi mx kita hampir persis sama.. Dan berakhir hampir sama.

30. cetar membahana - 10 Desember 2012

CACAD.. Yang komen cs1 sampe 130kpj tu otaknya dimana..
Sedangkan vixion ama fu aja untung”an bisa sampe segitu itu klo standar nya itu jga sampe temuntah darah😀 aplg cs1 yg mesin nya supra cuma silinder di tegakin aja dri mana dpt 130kpj nya. Banyak di kota ane cs1 buat jual sayur aja

31. Fatur MX Rider Banyuwangi - 7 Januari 2013

NJMX ane mentok 118 – 120 kpj,,
gak taw, pa mang dari limiternya,,
soalnya masih standard n d gigi 3 terasa banget kalo ada mentoknya,, mungkin kalo pake CDI unlimiter bisa naik lagi,
n ane pernah bacayg d koprek NJMX bisa mentok 150 kpj,

32. tanana - 19 Januari 2013

@25
TVS tormax adalah motor bebek india dengan kapasitas 150cc dengan power sekitar 13,2 HP sedangkan New MX kapasitas 135cc, di sini tarikan atas tormax dengan 150ccnya tidak adil bila langsung dilawan dengan New MX. Tantangan anda biar adil, maka Jupiter MX juga harus dijadikan 150 cc juga, dengan forged piston dan diasil cylinder punya Vixion.Gear belakang standard New MX ukuran 38 tidak perlu diganti, ini untuk mengimbangi karakter tormax yang overbore dengan ukuran bore 59, sedangkan karakter vixion cenderung over stroke dengan bore ukuran 57. Saat ini kapasitas sudah sama-sama 150 cc. Kemudian TVS tormax memiliki dual tone pada knalpotnya, bisa dibuat menjadi knalpot racing, maka agar seimbang, maka New MX juga perlu dipasang Knalpot free flow, dalam hal ini ada beberapa pilihan, AHRS F4, Yoshimura, R9. Urusan kapasitas mesin dan knalpot sudah imbang. Berikutnya ban: Karena ban belakang New MX lebih gembrot, maka ban New MX perlu disamakan dengan tormax, pakai ban MX lama ukuran 80/90. Karena sudah naik kapasitas, New MX perlu menggunakan CDI unlimiter, ada pilihan pakai Cheetah Power, CDI XP Andrion Limited Edition (LE) 6 Power. Silakan tormax anda pakai CDI unlimiter juga. Untuk karburator biarkan sama sama standard. New MX perlu dijetting ulang bila perlu menaikkan PJ/MJ sesuai permintaan mesin, tidak perlu sampai pakai Keihin PE28 atau 34 Sudco. Terakhir ayo diadu Tormax anda dengan NewMX 150cc seusai spesifikasi di atas. Tormax kebanggaan anda walau 150cc, tapi tenaganya kecil, hanya 13,2 HP saja. Dan jangan lupa, Jupiter MX ada banyak pilihan boreup yang tinggal plug n play, ada TDR, Shark sampai X1R bisa menaikkan kapasitas New MX jadi 160- 200cc. Bahannya ada yang diasil/forged, keramik, dsb. BRT selain mengeluarkan CDI unlimiter juga ada SuperHead BRT untuk membuat New MX jadi beringas. Belum lagi pilihan karburator dari ukuran 28 sampai 38 juga ada. Inilah hebatnya Jupiter MX, ada banyak pilihan racing after market, dan ini juga yang membedakan kenapa Jupiter MX adalah motor yang gampang dimodif dengan paket tinggal plug n play tanpa pusing-pusing mencari dan mengakali untuk menaikkan performa.

33. HERI PRASTIANDI - 15 April 2013

sya mu nanya sobat,
tp ko mx pnya saya selain boros kampas rem
BBM juga boros bangett …;…
itu konsultasinya gmana yah sob..???

trishinu - 15 April 2013

Untuk kampas rem coba ganti pkai punya SUPRA X 125 mas bro…ane pkai tu awet…harga 38 ribu..lebih murah dri kampas rem ori MX…
Untuk masalah boros…bisa trgantung dri faktor2 seperti tekanan angin kurang…cara berkendara…karbu n busi kotor…atau settingan karbunya trlalu boros mas bro..saran sih tnya ma mekanik d setting irit ja..tpi ya larinya kurang mas bro

34. Komparasi Speedometer New Jupiter MX vs GPS + Konsumsi BBM New Jupiter MX | All About Jupiter MX - 28 April 2013

[…] mau share aja konsumsi BBM New Jupiter MX menggunakan Premium, memberikan bukti bahwa di tulisan Overall tentang New Jupiter MX konsumsi BBM menggunakan Premium rata2 di kisaran 45-48 kilometer/liter…yup, monggo simak […]

35. zenth - 31 Mei 2013

ane pake new jupiter mx borosnya luar byasa..bingung dah==a
beli febuary 2012, uda ane ganti cdi BRT-dualband,coil andrion,busi denso iridium power, intake udara K&n…
tenaga menggila :
1st gear – 40
2nd – 70
tp nembus 3rd – cuma 90
4th power ilang jd – 105
5th ngga ad efeknya di naikin k 5th ==a

ane pake pertamax ,konsumsi skitar 1 : 27-30 km
angin2 ane stel 2putaran…kira2 knp ya gan?
selain yg di atas standart smua part nya…

36. 3r - 9 September 2013

saya pengguna new jupiter mx juga..kalo menurut saya,njmx adalah penyempurnaan dari versi yg lama…dibilang boros?irit kok..mau kencang?jga bisa..stop & go?luar biasa bro..stabil lg di atas kecepatan 80km/jam..menurut saya hanya lampu HID aja tuh yg yamaha blm tancapkan,,hehehe

37. fariz nak ilmah - 25 September 2013

gua juga punya MX thn 2012 emang bner ch mx tu ga ada tandinganya di kelas bebek spot.gwa mu tanya klo oli buat mx harus yg brapa cc yg 0,80l pa 1l.tlng info y

trishinu - 25 September 2013

1 liter ja mas bro..

38. sigit_shandi - 7 Oktober 2013

wah,ini salah satu motor yg masuk list impian saya.sayangnya,sampai sekarang belum keturutan.

39. Aan Dhanika - 18 Juni 2014

thnks atas saran2nya

NJMX semakin di depan, semakin berani

salam dri MXlover di bali

40. Reza - 17 Juli 2014

ane MX lama standar gigi 3 tembus 100kpj gan

41. Jos Sua - 7 November 2016

njmx saya thn 2012 tapi hanya mentok di 100 kpj, semuanya masih standar, km sudah mencapai 62 ribu semuanya masi ori pabrik dan belum diganti apa pun, kira-kira apa masalahnya gan !

42. udin - 29 November 2016

Bro MX ane th 2011 kalo putaran atas kadang ngempos ndut ndutan malah mau mati…
Kalo posisi netral digas kenceng knalpotnya ngebul kaya 2 tak RX king bikin apek…
Kira2 masalahnya dimananya broo….


Tinggalkan Balasan

