jump to navigation

Komparasi Speedometer New Jupiter MX vs GPS [part 1] 26 Februari 2012

Posted by trishinu in GPS, New Jupiter MX, Yamaha.
trackback

melanjutkan artikel (Tes keakurasian Speedometer pertama dengan GPS) akan dilakukan pada New Jupiter MX…hari ini tepatnya, saya melakukan tes speedometer New Jupiter MX vs GPS….di artikel sebelumnya ane jga sudah membahas aplikasi GPS yg digunakan, lebih tepatnya disini
nah, alat tes sudah di persiapkan…mulai dri Alat yg digunakan untuk mengukur kecepatan di GPS, sampai HP Cadangan untuk memotret Odometer….

yup, langsung dilihat saja hasilnya…

pertama-tama sebelum brangkat saya memotret Odometer di Speedometer untuk mengukur perbedaan Odometer dgn di GPS…tak lupa mengaktifkan Aplikasi Speedview yg diintegrasikan dgn GPS untuk melihat Odometer menurut perhitungan di GPS…lalu saya branjak k tempat tes yg brjarak sekitar 2 kilometer dri rumah ane…stelah brada di tempat uji tes…saya langsung brsiap untuk tes akurasi speedometer dgn GPS…(nah, disini masalahnya…ane lupa ambil screenshoot Odometer di GPS n di Speedometer…malah ane hapus perhitungan Odometer di GPSnya…hadew…next artikel aja dah saya bahas tentang Odometer…)

gigi 1 dimasukkan, jalan pelan dan perlahan melihat speedometer sampai kecepatan 20 kpj…setelah di rasa pas…langsung ke pinggir jalan untuk melihat hasilnya…wow, di GPS tertera 19 kpj…hemm…cukup akurat…

Speedometer NJMX 20 kpj di GPS 19 kpj

lanjut untuk mengukur kecepatan 40 kpj…dri gigi 1 pindah ke gigi 2…lihat speedometer sampai kecepatan 40 kpj…setelah selesai berhenti lgi, lihat hasilnya di GPS tertera 38 kpj…deviasinya meningkat…

Speedometer NJMX 40 kpj di GPS 38 kpj

lanjut lgi…kali ini kecepatan di speedometer sampai 60 kpj…sudah dirasa cukup…minggir lgi😀
hasilnya di GPS 58 kpj…deviasinya tidak brubah…

Speedometer NJMX 60 kpj di GPS 58 kpj

kali ini jalanan di rasa cukup untuk mengukur kecepatan 80 kpj…pelan2 sampai kecepatan pas d 80 kpj di speedometer…lalu perlahan jga berhenti sambil menghidupkan lampu sein…kali ini, beberapa rider lain melihat tingkah laku saya yg jalan lalu berhenti sampai beberapa kali (maklum mas bro, uji tes tidak d ukur hanya sekali, tetapi d tes beberapa kali krna cukup ramai di jalanan)….mereka menaruh curiga trhadap ane, tpi ane diam saja pura2 gak tau😀
ya, lanjut lihat hasil 80 kpj di speedometer tadi n di GPS tertera 77 kpj…wow…nambah euy deviasinya…

Speedometer NJMX 80 kpj di GPS 77 kpj

mau lanjut untuk mengetes akurasi kecepatan 100 kpj di speedometer dgn GPS…tpi melihat kondisi jalan tidak mendukung saya urungkan niat…so, untuk artikel selanjutnya saya akan bahas tentang Deviasi Odometer speedometer NJMX dgn GPS n insya allah saya bisa ngukur topspeed dgn GPS serta konsumsi BBM menggunakan Premium n Pertamax…Doakan saja smoga tidak ada kendala….

monggo mas bro semua, share pendapatnya tentang hasil di atas….:D

Komentar»

1. gile - 26 Februari 2012

wah lumayan erornya sebesar 4 %
Berarti untuk 100 kpj kecepatan aslinya 96 kpj
Untuk 120 kpj kecepatan aslinya 115 kpj
Lumayan….

trishinu - 26 Februari 2012

next artikel ane tes di kecepatan 100, 110 sampai topspeed dgn GPS…mungkin tesnya pagi atau malam biar mendukung…

2. zuhry - 26 Februari 2012

sip nunggu top speednya bisa berapa di GPS versi HP apa adanya…. sekalian di tulis jenis aplikasinya bro supaya jelas speednya versi gps hp apa n aplikasi apa…karna penerima signal hp gak bisa di bandingkan dengan rela GPS, tetap semangat!!!

trishinu - 26 Februari 2012

jenis aplikasi yg d pakai Speedview mas bro untuk Android…HP Androidnya Samsung Galaxy Young…
udah d bahas dsini:
https://trishinu.wordpress.com/2012/02/25/siap-tes-akurasi-speedometer-motor-pakai-gps/

yo mas bro…topspeed bakal ane share klw treknya memadai untuk melakukan topspeed…so, d tunggu saja artikelnya..:D

3. icaq - 26 Februari 2012

siiip…tetep hati2 masbro…

trishinu - 26 Februari 2012

ya mas bro..pastinya…tetap safety riding…

4. dani - 26 Februari 2012

pernah pake mechanic garmin…nilainya gak karu-karuan….motor dipanteng 60kmph di hp ehh 68kmph..ahhh mending beli GPS beneran aja..sayang harganya 2 kali HP ane….motor ane PIBO…coba ada yang mo minjemin garmin beneran…pasti hasilnya lebihh asikk..

trishinu - 26 Februari 2012

wah, bisa gitu ya…
motor mas bro Pibo ya…mantep tuh tuk tes akurasi speedometer dgn GPS…sayangnya mas bro trkendala GPS…klw ane trkendala unit motor yg akan d tes…hadew 😦

Si Jack - 26 Februari 2012

Ta pinjemin p200ku….
Mauu????

trishinu - 27 Februari 2012

mau aja mas bro…tpi mas bro sendiri daerah mana?? ane tinggal di Medan…hehehe

5. young master - 26 Februari 2012

kl pake hp keakuratanya msh meragukan kayaknya, kl pake alat khusus gps mobil mgkin lbh akurat. Ane pernah tes akurasi spedometer daihatsu terios hasilnya sm dg gps sampai kec 100 km/jam.
Setelah itu di tes di ninja 250r dipantengin di angka 100 km/jam spedometer ampe skitar 10 detik lalu liat rekaman kec maksimal ternyata 92 km/jam. Kemudian saat pagi2 jam 6 krn kondisi jalan msh sepi trek lurus 1,5 km ane geber maksimal ampe tembus 170 km/jam selama skitar 8-10 detik, setelah itu ane berhenti liat kec maks di gps ternyata 156 km/jam (91,17%) ukuran ban msh std.
Kondisi motor jelas dah ga std lg, slm msh std mentok 160 km/jam spedometer

6. die - 27 Maret 2013

pernah tes 115 kpj, di gps cuma 105kpj .
Gde bgt deviasi nya .

7. Komparasi Speedometer New Jupiter MX vs GPS + Konsumsi BBM New Jupiter MX | All About Jupiter MX - 28 April 2013

[…] akhirnya kali ini ane kesampaian ngelanjutkan artikel yg kurang dri Komparasi Speedometer New Jupiter MX vs GPS [part 1]  tentang akurasi Odometer n komparasi kecepatan speedometer New Jupiter MX dgn GPS…untuk tes […]


Tinggalkan Balasan

