jump to navigation

New Jupiter MX ngebul…Wajib Waspada !! 4 Oktober 2012

Posted by trishinu in New Jupiter MX, Yamaha.
trackback

Mas bro semua….ane mau brbagi sedikit nih tentang keluhan2 yg ane tangkap dri beberapa rider pengguna NJMX tentunya…banyak dri NJMX mereka yg entah kenapa seiring brjalannya waktu (belum sampai 6 bulan lah) NJMX-nya mengeluarkan asap putih…yup, asap putih bukan asap putih sembarangan mas bro….biasanya klw asap putih keluar saat dipanaskan lalu ilang, no problem…tpi ini ketika mesin dipanaskan trus asapnya keluar makin lama makin  banyak+ketika jalan asap putih ini masih keluar trus…walau tingkatannya ga banyak tpi ya mesti d cek toh…klw udah jalan agak lamaan biasanya asap putihnya ilang….(lah, jgn2 ada mbak kunti lgi bakar sate kali mas bro…wuss….sembarangan)😀

ilustrasi di motor lain

ilustrasi di motor lain

Kejadian ini salah satunya menimpa kepada bro Budi Santoso….via Facebook ia memberitahukan bahwa NJMX-nya mengalami kejadian sperti d atas… awal2nya ia mengungkapkan msih wajar…mungkin krna ada air yg masuk ke knalpot…tpi lama kelamaan kok asap putih ini sring muncul…gerah dgn kondisi motornya…alhasil motor tersebut d bawa k bengkel resmi Yamaha untuk d cek…Alhamdulillah, krna bro tersebut mengikuti aturan yg d anjurkan Yamaha n tata cara klaim…motor tersebut klw ada apa2 tidak d kenakan biaya apapun alias gratis….yo wess…langsung d bongkar untuk kepastiannya…setelah d cek oleh pihak bengkel Yamahanya…didapatlah kesimpulan yg menyebabkan NJMX-nya bro Budi Santoso ngebul karena Ring Olinya salah pasang…(eww…ada apa nih…kok pabrikan Yamaha bisa kaya gini…lgi ngantuk mungkin ya yg ngerjain…hehehe)😀

setidaknya NJMX bro Budi mesti nginap 1 hari minggu d bengkel…waladalah…pisah ranjang nih sama majikannya…hihihi

ini bukti foto NJMX-nya bro Busi Santoso lgi di operasi

ini bukti foto NJMX-nya bro Budi Santoso lgi di operasi

menurut bro Budi Santoso…Ring olinya dipasang sejajar/segaris jd oli ikut kebakar yg menyebabkan timbulnya asap putih di knalpot…seharusnya posisi ring olinya saling silang,,ga sejajar…ini jelas ada kesalahan produksi dri pihak Yamaha-nya….

so…buat mas bro semua yg NJMX-nya mengalami hal serupa…monggo d cek k Bengkel Yamahanya…jgn lupa…klw mau klaim harus ikuti peraturan n anjuran dri pihak Yamahanya….berikut ini foto motor NJMX-nya bro Budi Santoso…

NJMX bro Budi Santoso

NJMX bro Budi Santoso

monggo mas bro semua…artikel ini d manfaatkan sebaik2nya….

sekian n trimakasih

Komentar»

1. budi santoso - 5 Oktober 2012

-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶. Bro bwt artikelnya,,,!!!
Mau nambahin aza,,,njmx ane nginep diberesnya seminggu Bro,,br ane jemput di BeresNya,uda kangen berat soalnya.
“̮ƗƗɐƗƗɐ”̮ƗƗɐƗƗɐ”̮ƗƗɐƗƗɐ”̮ “̮ƗƗɐƗƗɐ”̮ƗƗɐƗƗɐ”̮ƗƗɐƗƗɐ”̮

2. Aa Ikhwan - 5 Oktober 2012

sip ajib,..nice info nih😀

trishinu - 7 Oktober 2012

sma2 mas bro…

yg patut d pertanyakan adalah…apakah New Jupiter MX ini cacat produksi???

iyang - 4 April 2016

Bener bro motor saya aja baru 2 tahun masa udah ngebul.. cmn blm saya bawa ke dokter nih lagi bokek

Fendy s. - 12 Mei 2016

Sma juga motor saya br 2 tahun juga ngebul padahal perawatan rutin konsumsi pertamax plus,oli juga spesial tp ttp ngebul juga😤

3. ariefbladeriska - 5 Oktober 2012

seher ampe gosong gt????ngeri

trishinu - 5 Oktober 2012

iya bro…padahal motor baru loh…edann nih Yamaha

4. NJMX rider Bandung - 9 Oktober 2012

Nice info . Takut juga punya saya terjadi hal seperti di atas .

5. Visco Dutha Parawangsa S - 12 Oktober 2012

mudah mudahan ada recall😀

6. mic - 15 Oktober 2012

Njmx ane juga jalan 1,5 thn ngebul & pas dibuka ternyata silinder blok & seher baret plus gosong begitu, skrng lg diopname deh. Apa sama yaa masalahnya cuman ane ga ngeh jadi keburu parah…?
Cuman masalahnya ane ga klaim krn bbrp kali telat servis, mana lumayan lagi biayanya.

b.santoso97@yahoo.co.id - 15 Oktober 2012

Wahh,,,parahh bnr Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª ,,,btw njmxnya bln brp bro??? Pny ane tuh bulan 8 2011,,,!!!!
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

7. mic - 15 Oktober 2012

Bulan Feb 2011, sempet nyesel juga ga klaim wktu awal mulai ada asapnya.
Ntar ane mau ke beres nya deh, ingetin mekaniknya jangan sampe salah pasang kayak punya Mas Bro

b.santoso97@yahoo.co.id - 15 Oktober 2012

Wah,,,kl dr awal uda ngebul berarti kemungkinan sama masalahnya sm pny ane bro…!!!!! Cek aza lg za bro,ke beresnya jgn ampe kedua kalinya.
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

trishinu - 16 Oktober 2012

klw ngebul gitu…yg d ganti apa aja bro?? ring piston, piston sama blok ya??

trishinu - 16 Oktober 2012

biaya kena brapa mas bro..?? sekalian ganti ini itu??

8. mic - 16 Oktober 2012

Yang pasti diganti piston & silinder blok, kalo klep, noken as & stang piston sih sepertinya masih aman.
Estimasi sih sekitar 1 jt an

trishinu - 16 Oktober 2012

masalahnya punya ane jga kaya gitu dlu mas bro…NJMX ane produksi bulan 5 2011…nah, masalahnya NJMX ane habis jatuh…ga tau kenapa ga ada ngebul lgi…udah normal…

skarang ane mau ganti noken as pakai punya Vixi…yg ane takut nanti klw d bongkar…eh, yg sharusnya cuman ganti noken aja…bisa ganti piston dll…krna waktu tu prnah ngebul…

9. mic - 16 Oktober 2012

Pas turun mesin pasti keliatan kondisinya gimana, klo ktemu ada masalah yaa harus dibenerin krn percuma aja ganti noken as vixie tapi piston ato klep nya ga oke…he

10. lorenzo - 23 Oktober 2012

it udah ganti pelek di modif gt emang msh bisa dpt garansi?

11. joko - 29 Oktober 2012

pemasangan ring piston dan oli memang harus memperhatikan celahnya, biasanya sih kasih jarak antar celah 120derajat (360:3)
atau bisa juga 180derajat (360:2) biar oli gak nerobos celah. kedua cara tsb sama2 oke.kalo udah bener masih aja ngebul biarin aja, kadang setelah sebulan dipake bisa normal sendiri setelah ring benar2 tepat menyesuaikan sendiri pada posisinya, kalo masih ngebul cek lagi dan lainnya bisa aja seal oli rusak

trishinu - 29 Oktober 2012

sip…makasih infonya mas bro…

12. Noer - 27 Desember 2012

wah … kasusnya sama dengan new Jup Mx punyaku nih, kluaran mei 2012, waktu ke BERES katanya setting karbunya gak bener suruh tunggu service berikutnya…, tapi masih ngebul aja…:(
ntar tak ke BERES lagi aj nih

13. pendi hakiki - 3 April 2013

mas bro berapa biaya ganti ring piston mx????

trishinu - 15 April 2013

Skitar 300~400 ribu mas bro..udah sma ongkos bongkar pasang

14. azizcyberbus - 18 April 2013

wah, sama tuh penyakitnya ngebul kaya njmx ane.
klo pas baru manasin motor ga keluar asep putih tapi pas kira2 udah setengah menit baru deh keluar kaya 2 tak,apalagi klo habis di cuci atau kena hujan asepnya banyak bgt, tapi klo udah di pake jalan jarak beberapa kilo ilang sndiri asepnya.
jadi bingung entah seal klep/ring oli/air dari knalpot.
soalnya asep knalpotnya perih di mata.
kira2 klo gnti seal klep n ring oli habis brpa biayanya ya mas trisinu?

Agus - 7 Mei 2013

ane udah dapet ganti seal klep gan. biayanya 250an gan. uh termasuk ongkos

15. Agus - 7 Mei 2013

wah kebetulan bro. mantab juga infonya. yamaha jupiter ane juga ngasep bro! ane bawa ke bengkel disuruh ganti blok seher 1 set. ya kesalahannya sih ane sempet ganti karbu, pake karbu RX king. apa bisa karna pengaruh itu ya motor ane ngasep? mohon bantuannya bro. terimakasih

16. sugeng - 8 Juni 2013

kalo punya aku “sugeng” ngebul tapi dikit kalo di gas kenceng tapi kalo gas langsam ga ngebul itu kenapa ya.tolong di kasih penjelasan dan apa yang harus aku lakukan.

17. rizqy kharera - 9 Juni 2013

kejadian hampir sama nih mas bro.. pusing 7 keliling ane bro.. njmx ane 2012 akhir, kilometer baru 7000 uda ngebul, alhasil dibawalah bengkel resmi, dibongkar, ternyata permasalahan ada di piston dan ring piston, ane turutin untuk ganti juga, dan sampai 10 hari ternyata masih juga ngebul, hati uda kesel aja nih sama bengkel resminya, dan ane coba konsultasi ke bengkel temen ane, ternyata akar permasalahan di blok pistonnya, karena waktu pas ganti piston dan ringnya, blok piston ane ada baretnya, dan kata chief mekanik bengkel resmi, kondisi blok piston ane 80% kekuatannya, dan dari situlah permasalahan kata temen ane oli merembes ke yang baret, akhirnya ngebul.. coba ane bongkar lagi ke dealer resminya, kalau masih ngebul juga, mohon pencerahannya mas bro semuanya..

sekedar info harganya yah :

piston + ring piston : 270rb
blok piston : 354rb
oli : 35rb (yamalube standar yamaha)
yamaha collant : 28rb
gasket cilinder : 18rb
seal valve stem : 26rb
ongkos bongkarnya : 70rb

ga tau tuh harga diatas termasuk murah atau ga.. semoga bermanfaat buat semuanya..

18. zxri der - 26 Juni 2013

permisi agan2 semua, ane masih newbie ttg motor. ane mau tanya, motor ane kawasaki zx-130 th 2008 dan skrg udah 5 th. selama 5 th itu, ane pake luar kota tiap hari dgn kecepatan rata2 110-120 km/jam. sekarang keluar asap putih kalo d geber d rpm tinggi. hbs baca2 artikel d mbah google, salah satu ciri2 piston motor 4tak yg mau rusak itu tenaga motor jadi loyo dan mulai keluar asap putih dari knalpot. tapi zx ane tenaganya masih mantep dan tarikan masih oke. motor ane kenapa ya? mohon pencerahannya

toing - 6 Juli 2013

sama dengan ku hanya saja zx punya kuh taon 2005, asap putih nya tipis, sama kuh jugah butuh pencerahan nih, seal klep ato ring sher ato apa nya

19. Jaka Novianto - 9 Juli 2013

Misi Mas Bro Numpang Nanya
Ni Motor Njmx ku Kluar Asap Putih Dan Baru ini Td kluarnya
Kira” Harga Pembetulannya Sampek Brp
Sblmnya Trims Atas Infonya

20. FERDYNAND HAMZAH - 23 Juli 2013

ane punya 2 motor yamaha : 1. vega ZR (mei 2012) sm kasusnya dgn mas budi, motor ini bru 9 bln pemakaian. kerusakan pd ring oli, rantai putus,pemasangan posisi shock blkg terbalik.
2. mio-j F1 (akhir nov 2012) akinya (matot) mati total pd bln juli 2013.

ini yg masang sparepart ada sekolahnya nga c.. kok masang shock blkg bisa terbalik?..

trishinu - 25 Juli 2013

laporin ja masalah nya mas bro ke email yamaha disini…
ceritakan kronologisnya dan minta klaim ke yamaha
contact_center@yamaha-motor.co.id

21. yusuf - 8 September 2013

maaf masbro numpang nanya, njmx ane klw di gas kenceng keluar asep putih tp klw lg langsam engga. Kira2 ada kerusakan apa ya?

22. eko - 6 November 2013

sma jg bro,,
njmx ane klo d.gas full ngluarin asep putih banyak ,,kira2 apanya yg brmasalah

23. putra pratama - 13 Februari 2014

TQ infonya, motor gw skarng lg dalam kondisi bgitu mas bro, belum terlalu parah kayanya, tp referensinya akan d coba sebelum bertambah buruk buat motor gw,,,,

24. hans - 4 April 2014

Kmgkinan sih motor prnah jatuh saat brjlan shingga mnyebabkan sentakan di areal blok, dan sentakan trsebut menggeser beberapa posisi ring piston yg sharusnya posisinya berlawanan menjadi sejajar, mk_a seal oli ring g bsa bkrja maksimal menahan oli dan mnyebabkan oli piston terbakar di areal blok,,,,
Ntu msi kmgkinan bro,,,, shingga prlu dibngkar dan diposisikan kmbali k posisi_a ring smula berlawanan

setree - 19 April 2014

mas bro nek py saya th dh ngasep tp dh q msk’n ke diler trs dh smbh tp sktr 3 bln pas ane gnti oli sndri kq ngasep lg y ms bro it ap solisiny

25. supri - 6 Juli 2014

kalo mw nyervis.. harus diler resmi ga mas bro…?

26. supri - 6 Juli 2014

oya kalo motor pas jalan.. giliran gasnya di turunin bunyi krok krok.. gimana mas bro

27. sayyidd - 9 Oktober 2014

pantasn mtr mx saya keluar asap tnyata ada kesalahan pd prokduksi,y aku kira bermasalah pd kenalpotnya ms brow kn kenalpot saya ganti kenalpot sateria f

28. irfan - 29 Desember 2014

mas bro mau tanya kok motor ane ngluatin asap putih ya tapi kalo udah buat jalan asapnya ilang, trus stlah motor dingin di nyalain asapnya tu keluar lagi. tapi cuma tipis nggak sama kaya motor 2 tak..mohon pencerahannya..

29. Bon Pangeran Brekele - 21 Februari 2015

Mas bro. Mau tanya ni mxku 135cc th 2008 .
Masalah kluar asap hitam mas ganti knalpot noby.
Alhasil bokar masin ternyata piston dah gosong n botol dah lapng. Tp ko dh mau 1buln masih ngebul hitam ya. Tolong dong pencerahanya?

30. yan bastanta - 4 Januari 2016

Bro, saya mau nanyak nih sma master master smw nya, mx gua 2007, masalahnya, kalo d gas asapnya putih tebel kali, tapi kalo gk d gas, tetap kek biasa aja, masalahnya dmna tuh bror?

trishinu - 7 Januari 2016

ring piston udah aus gan…ganti ring piston sebaiknya

31. rasyd - 28 Februari 2016

mas broo numpang nanya niihh,, njmx sya klo dgnti prodo kopling honda supra 125 bsa gk y mas bro,soal nya buat ngebut brasa berat bnget,udh nyampe km/100 njmx sya geter gtu,mohon info nya mas bro terimakasih


Tinggalkan Balasan

